Langsung ke konten utama

Pengertian Komunikasi dan Jenis + Fungsi + Media Komunikasi

Pengertian Komunikasi - Sebenarnya manusia sudah berkomunikasi sejak dilahirkan ke dunia, berkomunikasi dengan orang tua kita atau dengan dokter kandungan. Seperti yang anda ketahui, manusia merupakan makhluk sosial. Dimana makhluk sosial perlu berinteraksi satu sama lain bagaimapun caranya, salah satunya dengan komunikasi.

Pengertian Komunikasi
Komunikasi digunakan untuk menyampaikan informasi yang tersedia kepada orang lain baik berupa hubungan bisnis, hubungan pertemanan, hubungan keluarga, dan lainnya. Misalnya anda seorang pembicara yang akan berpidato. Tentu saja anda memerlukan komunikasi menggunakan satuatu bahasa dalam hal menyampaikan gagasan anda yang terkandung dalam teks pidato. Karena bahasa merupakan salah satu alat komunikasi.

Dikutip dari Communication and Human Behavior (2006) karangan Ruben Brent D dan Lea P Stewart, Komunikasi adalah suatu proses pertukaran/penyampian informasi baik berupa ide, gagasan, ataupun pesan dari pihak satu ke pihak lain dalam suatu lingkungan. Informasi ini disampaikan dapat melalui komunikasi verbal atau non-verbal dan komunikasi formal dan informal. Tanpa komunikasi bagaimana bisa manusia bertahan hidup di dunia? Ya kecuali anda hanya "sekedar bertahan hidup" tanpa ada tujuan, ini sama aja dengan hewan.

Terkait dengan komunikasi verbal dan non-verbal serta komunikasi formal dan informal akan dijelaskan di bawah.

Jadi, apa itu komunikasi?

Secara etimologis atau asal katanya, komunikasi berasal dari bahasa Latin yaitu Communication yang akar katanya berasal dari communis. Communis disini tidak ada kaitannya dengan komunis, communis berarti sama dalam artian sama makna. Jadi dapat dipahami bahwa komunikasi terjadi ketika pihak yang terlibat di dalamnya mempunyai makna yang sama atau topik pembahasan yang sama. Sederhananya, ketika seseorang menyampaikan informasi kepada orang lain orang yang menerima informasi tersebut mengerti maka proses komunikasi sedang terjadi. Dari sinilah komunikasi merupakan proses yang melibatkan minimal dua orang atau dua pihak.

Perlu diingat, penjelasan mengenai komunikasi di sini hanya berfokus komunikasi antar manusia, bukan komunikasi hewan ataupun lainnnya.

Berikut penjelasan mengenai pengertian komunikasi:

Tidak jauh berbeda dengan kutipan di atas, Komunikasi adalah proses penyampaian informasi yang berasal dari pikiran seseorang, dimana orang tersebut ingin/akan menyampaikan informasi kepada orang lain (pihak lain) melalui komunikasi verbal atau non-verbal ataupun diantara formal dan informal.

Adapun pengertian komunikasi menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut:

  • W.H. Newman dan C.F. Sumeria JR berpendapat bahwa komunikasi merupakan pertukaran informasi (fakta, ide, pendapat atau emosi) oleh dua orang atau lebih.
  • Keith Davis menyatakan bahwa definisi dari komunikasi proses mengirimkan informasi berupa pemahaman dari satu orang ke orang lain.
  • Peter mendefinisikan komunikasi sebagai proses dimana informasi dikirimkan dari individu satu ke individu yang lainnya atau organisasi, kelompok satu ke organisasi, kelompok lain yang bertujuan untuk memberikan dampak kepada penerima informasi. Singkatnya komunikasi adalah proses mingirimkan informasi kepada penerima informasi untuk memberikan pemahaman.
  • Menurut Koontz dan O'Donnell definisi komunikasi adalah sebagai berikut:
    • Komunikasi adalah pertukaran fakta, ide, pendapat atau emosi oleh dua orang atau lebih.
    • Komunikasi adalah aktivitas dua arah. Ada seorang komunikator (pengirim) dan komunikan (penerima). Komunkator dan komunikan bertukan informasi baik berupa ide-ide, emosi ataupun pendapat komunikator
  • Megginson menjelaskan bahwa komunikasi merupakan proses mentransmisi, ide-ide dan pemahaman seseorang, kelompok, atau organisasi kepada pihak lain.
  • Theo Haiman menyatakan bahwa pengertian dari komunikasi adalah proses mengirimkan informasi dan juga pemahaman dari pihak satu ke pihak lain.
  • Pengertian Komunikasi menurut Newstrom & Keith Davis adalah proses transfer informasi dari pihak satu ke pihak lain sebagai penerima yang meliputi ide, perasaan, gagasan, pikiran, fakta, dan nilai-nilai lainnya.
*Note: sementara untuk pengertian komunikasi menurut para ahli hanya tujuh ahli saja, untuk kedepannya akan diadakan update.
Dari pengertian di atas sudah sangat jelas bahwa komunikasi merupakan proses pengiriman atau pertukaran informasi dari pihak satu ke pihak lain.
Komunikasi non-verbal - salaman
Komunikasi non-verbal bahasa tubuh - salaman

Jenis Komunikasi

Secara umum komunikasi ada dua yaitu komunikasi verbal non verbal serta komunikasi formal dan informal. 

Lalu apa itu pengertian komunikasi verbal dan non-verbal? Berikut penjelasannya:
  • Pengertian Komunikasi Verbal adalah komunikasi menggunakan kata-kata. Misalnya pidato, sms, koran dan telepon.
  • Pengertian Komunikasi Non-Verbal adalah komunikasi tidak menggunakan kata-kata. Misalnya, bahasa tubuh dan gaya berpakaian.
Dan apa itu pengertian komunikasi formal dan informal? Berikut penjelasannya:
  • Pengertian Komunikasi Formal adalah komunikasi yang bersifat resmi. Misalnya, pidato dan rapat pemerintah negara.
  • Pengertian Komunikasi Informal adalah komunikasi yang bersifat tidak resmi. Misalnya, ngobrol dan stand up comedy.
*Note: Jenis komunikasi akan diupdate.

Fungsi Komunikasi

Fungsi komunikasi dapat diambil dari penjelasan pengertian komunikasi di atas.
Jadi, fungsi komunikasi adalah untuk mengirimkan dan bertukar informasi

Media Komunikasi 

Sadar atau tidak sadar, media komunikasi sering kita gunakan setiap hari. Diantaranya berikut ini:
  • Bahasa
  • SMS
  • Email
  • Koran
  • Televisi
  • Radio
  • Telepon
  • Buletin
  • Dsb
Definisi Pengertian Tentang Apa itu menjelaskan Pengertian Komunikasi, Jenis Komunikasi, dan Fungsi Komunikasi dipersembahakan oleh www.pengertian-definisi.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Pengertian, Contoh Kasus dan Fungsi Stereotip Etnis

PENJELASAN CONTOH KASUS DAN PENGERTIAN STEREOTIP & STEREOTIPE ETNIS
Definisi atau pengertian tentang Stereotip:
Stereotipe adalah salah satu sumber ketegangan antarsuku bangsa di Indonesia, yang masing-masing mempunyai latar belakang lingkungan alam dan sosial-budaya sendiri. Water Lippman sampai saat ini dianggap sebagai orang pertama yang merumuskan stereotip dan membahasnya secara ilmiah dalam bukunya : Public Opinion, terbit tahun 1922. Sejak itulah stereotipe mendapatkan tempat dalam literatur ilmu-ilmu sosial, baik sebagai konsekuensi maupun sebagai peramal tingkah laku manusia. Stereotpi  Stereotip adalah salah satu mekanisme penyederhana untuk mengendalikan lingkungan, karena keadaan lingkungan yang sebenarnya terlalu luas, terlalu majemuk, dan bergerak terlalu cepat untuk bisa dikenali dengan langsung. Streotipe merupakan opini atau presepsi mengenai masyarakat dari suatu kelompok, dimana opini tersebut hanya berdasar bahwa masyarakat tersebut merupakan kelompok tertentu. K…